Festival Panen Raya Nusantara

Festival ini membangun kolaborasi produktif antara produsen produk komunitas dengan pelaku industri dan manajemen bisnis, serta melakukan advokasi positif dengan menyajikan manfaat ekologi, sosial dan ekonomi dari pengembangan produk komunitas kepada publik dan pemangku kepentingan dna pengambil kebijakan lainnya.

2festivalFase penyelenggaraan Festival Panen Raya Nusantara ini merupakan puncak kegiatan. Festival ini akan menampilkan produk kewirausahan komunitas yang sudah dikemas tanpa meninggalkan nilai-nilainya, setelah proses panjang kolaborasi antara wirausaha dari komunitas dan pekerja kreatif yang dibangun selama fase Pra-festival.

Festival ini akan dikemas secara kreatif dan memberikan efek “pengendapan” dan “kesadaran” para pengunjung tentang arti penting produk-produk yang dihasilkan oleh komunitas. Festival juga akan dikemas dengan memberikan “rasa petualangan” perjuangan komunitas dalam menghasilkan produk dan menjaga alam tempat hidup produk yang dihasilkannya. Sehingga bisa memberikan edukasi yang menghibur yang bisa dinikmati perorangan, kelompok, keluarga, pelajar/mahasiswa, masyarakat umum.

Dalam kegiatan ini juga diberikan workshop bagi siapa saja yang akan membuka potensi pasar bagi produk wirausaha komunitas. Ada “pasar” jual beli “investor/pendonor” dan “Wirausahawan Komunitas”. Pengunjung juga dapat menikmati talkshow, lomba fotografi, kompetisi media sosial, dan lain-lain. Kegiatan juga akan melibatkan musisi, pekerja kreatif, blogger, dan komunitas-komunitas di Jakarta yang peduli terhadap isu yang dikemas.

Kegiatan selama Festival Panen Raya Nusantara

                  Ruwatan Bumi – Pentas Panen Raya

Kegiatan teaterikal yang menampilkan ritual kearifan lokal. Tradisi berupa upacara Ruwatan Bumi, sebagai ritual manifestasi rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala yang telah diperoleh dari hasil bumi. Ruwatan bumi akan dilakukan sebagai rangkaian dari acara pembukaan festival. Selain ini Festival ini juga akan menampilkan prosesi-prosesi di daerah ketika merayakan panen

                  Pameran

  1. Produk komunitas; Mempersembahkan ragam produk, program dan aktifitas komunitas serta penerapan teknologi ramah lingkungan untuk peningkatan ekonomi lokal. Produk yang ditampilkan antara lain produk pangan, craft, tekstil, dll. Setiap produk akan disertai dengan informasi sumber produk, cara produksi dan kelompok penghasil produk.
  2. Ark of Taste Indonesia; Mempersembahkan ragam sumber pangan Indonesia yang terancam punah dan telah masuk dalam catalog Ark of Taste Slow Food Internasional. Ruang pameran ini akan dikolaborasikan dengan jejaring Slow Food di Indonesia.

                  Interaksi

Lari Santai 5k – Event ini dibuka untuk umum dan bekerja sama dengan komunitas lari yang sedang menjadi trend di kota besar seperti Jakarta. Event ini juga sekaligus digunakan untuk menarik kedatangan pengunjung yang akan datang di pagi hari.

Yoga Gembira – Event ini akan menghadirkan instruktur Yoga dan bekerja sama dengan komunitas yoga. Event ini pun digunakan untuk menarik kedatangan pengunjung di pagi hari.

                  Talkshow interaktif

Dalam rangka memberikan perhatian yang lebih terhadap topik-topik yang berhubungan dengan isu Festival, maka akan diadakan 5 dialog, dimana masing-masing topik akan dipimpin oleh mitra festival, yaitu:

  • “Hutan Bukan Hanya Kayu” – Talkshow ini akan memberikan pemahaman dan mendiskusikan peran hutan dan keragaman hayatinya, yang seharusnya tidak hanya dilihat dari kayu saja.
  • “Kerajinan dan Penguatan Ekonomi Perempuan” – Talkshow ini akan mendiskusikan secara cukup mendalam terkait peran perempuan dalam peningkatan ekonomi serta pelestarian tradisi dan budaya komunitas.
  • “Produk Komunitas dan Hak Kekayaan Intelektual” – Talkshow ini akan membahas terkait Hak Kekayaan Intelektual komunitas, dikaitkan dengan rejim paten yang berlaku saat ini.
  • “Pengembangan Produk dan Akses Pasar bagi Ekonomi Komunitas Adil-Lestari” – Talkshow ini akan mendiskusikan strategi pengembangan, pengemasan dan pemasaran bagi produk-produk ekonomi komunitas yang adil dan lestari
  • “Peran dan Dukungan Sektor Finansial bagi Pengembangan Ekonomi Komunitas Adil-Lestari” – Talkshow ini akan menghadirkan institusi keuangan seperti bank dan mendiskusikan peran sektor ini dalam mendukung ekonomi komunitas adil-lestari.

                  Fashion Show Lestari Bumi

Menampilkan rancangan-rancangan produk komunitas yang berkualitas dan memiliki nilai kearifan yang sakral. Mulai dari produk baju, tas, dll (bekerjasama dengan designers)

                  Kegiatan Komunitas “ Saling sapa komunitas lestari bumi “

Festival menjadi ajang bertemunya berbagai komunitas yang peduli lingkungan, tempat saling sapa dan bertukar pengetahuan melalui kegiatan/ games-games yang di gagas oleh masing-masing komunitas. Seperti : komunitas Indonesia berkebun,, diet kantung plastic, BW Kehati, sekolah sobat bumi KEHATI, dll

                  Musik Lestari Bumi

Menampilkan musisi-musisi Indonesia yang selama ini telah berkarya dan ikut dalam movement lingkungan / lestari bumi

                  Nonton Bareng

Menampilkan film-film edukasi lingkungan dan film produk komunitas

                  Media dan Komunikasi

  • Konfrensi Press
  • Talkshow
  • Live twitter dan FB
  • Update website
  • Teaser-implementasi teaser

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*