GEF-SGP Indonesia

Komunitas Pengelolaan Sumber Daya Alam

GEF SGP Indonesia bagian dari jaringan komunitas pengelolaan sumber daya alam dan mengasuh sedikitnya 400 Lembaga Swadaya Masyarakat dan Komunitas Lokal yang memenuhi kriteria. GEF SGP Indonesia saat ini mengelola beragam kegiatan bersama dengan lebih dari 100 Lembaga Swadaya Masyarakat dan Komunitas Lokal.

 

SGP Indonesia memiliki pengalaman yang kuat dalam membantu peningkatan kapasitas masyarakat melalui kegiatan Capacity Building sebagai salah satu komponen dalam daur proyek yang terdiri dari perencanaan proyek ; analisa daur proyek dan pelaksanaan; administrasi keuangan bagi komunitas lokal; serta strategi penjangkauan. SGP Indonesia juga memperoleh pengakuan sebagai perintis penguatan institusi komunitas lokal dalam upaya memperoleh sumber lain guna mendukung perjuangan komunitas lokal dalam menghadapi tantangan ekologis dan mengkomunikasikan upaya kreatif mereka kepada para pengambil keputusan pada tingkat yang lebih tinggi.

 

Dukungan yang diberikan bagi inisiatif komunitas lokal lebih diarahkan kepada dialog bersama pemerintah lokal dan/atau provinsi, kerjasama antar komunitas dengan pemerintah dalam melindungi wilayah mereka (sebagaimana yang terjadi pada kasus di Bali, Sulawesi  Tenggara, dan Sulawesi Selatan); komunitas air bersih, perbaikan ekosistem dan sumber daya pesisir dan pantai, manajemen (di Bali, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan dan Tenggara, Pulau Seribu) dan pengembangan energi terbarukan lainnya (di Jawa Timur dan Jawa Barat).

Daftar komunitas lokal yang didampingi oleh GEF-SGP Indonesia.

 

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*