Rumah Organik

Logo Rumah OrganikRumah Organik adalah komunitas belajar yang didirikan sejak 1997 ketika dirasa pentingnya memberikan pendidikan berbasis isu pangan dan cara hidup selaras alam di Indonesia, terutama dalam lingkup keluarga. Komunitas ini kemudian mulai mengumpulkan informasi terpercaya tentang makanan alami dan organic dari media, petani dan lembaga swadaya masyarakat.

Rumah Organik kemudian menjadi komunitas pendidikan pertama berbasis keluarga, mengunjungi komunitas-komunitas lokal untuk meningkatkan kepedulian mereka dalam menyusun menu sehat, apa saja pangan yang baik untuk dikonsumsi, darimana pangan tersebut berasal, berapa banyak petani yang menghasilkan pangan itu dan yang terpenting kenapa masyarakat harus memilih makanan organic dan berkelanjutan dan diproduksi oleh petani lokal. Karena kerja Rumah Organik sudah dikenal, kolaborasi juga makin meluas, melibatkan IOA (Aliansi Organik Indonesia). Juga dengan lembaga kemasyarakatan lain, yayasan dan media (radio dan televise) sambil juga menyusun data dari SPOI (statistic pertanian organic Indonesia) untuk meningkatkan kepedulian tentang produksi pangan berkelanjutan untuk konsumen Indonesia sejak 2012.

Rumah Organik pada tahun 2014 mempunyai Komunitas dampingan Komunitas MaCing, serta berkolaborasi dengan Banten Heritage.

Berikut adalah komunitas lokal dampingan Yayasan Rumah Organik.

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*