Berita

Upaya PARARA Mendukung Hari Pangan Sedunia


Festival Panen Raya Nusantara (PARARA) 2017 akan diselenggarakan pada 13-15 Oktober 2017. Penyelenggaraan acara dua tahunan ini menjelang perayaan Hari Pangan Sedunia, yang dirayakan setiap 16 Oktober. Hal tersebut bukan kebetulan semata karena Parara memiliki visi yang mendukung Hari Pangan Sedunia.

PARARA bercita-cita menjadi ruang bersama yang mempertemukan produsen, konsumen serta para pelaku pendukung lainnya untuk berinteraksi dan berkolaborasi dalam mempromosikan konsumsi dan pola produksi berkelanjutan di Indonesia. Festival ini berharap dapat berkontribusi dalam visi bangsa, yaitu mencapai masyarakat yang adil dan makmur melalui pembangunan berkelanjutan dan penghormatan terhadap budaya dan mata pencaharian lokal.

Keberadaan PARARA mempromosikan produk-produk daerah merupakan upaya untuk meningkatkan konsumsi produk-produk lokal, khususnya produk pangan. Hal tersebut dapat menjadi langkah untuk memperluas jangkauan distribusi produk-produk lokal. Distribusi yang makin luas tersebut harapannya dapat memberikan variasi pangan di masyarakat. Sehingga, terdapat kepastian pangan masyarakat karena masyarakat memiliki lebih banyak variasi dan opsi makanan.

Sementara itu, Hari Pangan Sedunia didedikasikan untuk mengatasi kelaparan global dengan mempromosikan kesadaran dan melakukan tindakan untuk memastikan pangan dan makanan bergizi untuk semua orang. Agenda ini diselenggarakan oleh lembaga PBB dalam bidang pangan dan pertanian, Food and Agriculture Organization (FAO), dan telah diselenggarakan di sekitar 150 negara di seluruh dunia.

Agenda PARARA dalam mempromosikan produk lokal agar dikonsumsi oleh masyarakat yang lebih luas menjadi seirama dengan agenda Hari Pangan Sedunia dalam mengentaskan kelaparan. Apa yang dilakukan oleh festival ini dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah kelaparan di Indonesia, sekaligus mendukung produk dan mata pencaharian masyarakat lokal.

Berita Terkait


Pesantren Ath Thaariq; Pesantren Ramah Lingkungan »

Pesantren Ath Thaariq terletak di dekat area Perkantoran Pemerintahan Daerah (Pemda) Kabupaten Garut.

Upaya Pemerintah Dukung Hak Cipta UMKM »

Kementerian Koperasi dan UKM telah memfasilitasi sebanyak 2.

SIARAN PERS: Kewirausahaan, Pasar Budaya dan Kebijakan Produk Lokal »

Jakarta, 15 Oktober – Berdasarkan data yang dihimpun pada 2016 Indonesia memiliki sekitar 59 juta Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM)  yang berkontribusi sebesar 61% terhadap perkekonomian.