Berita

UKM Pangan Award: Upaya Pemerintah Dukung UKM Pangan


Pemerintah mendukung keberadaan dan kemajuan Usaha Kecil Menengah (UKM) pangan melalui UKM Pangan Award. Dengan adanya UKM Pangan Award, diharapkan para pelaku usaha pangan kecil dan menengah dapat berinovasi untuk menghadirkan produk-produk pangan berbasis budaya Indonesia yang berkualitas dan mampu bersaing di era globalisasi ini.

UKM Pangan Award diberikan kepada 20 UKM pangan berprestasi setiap tahunnya, yang produk makanan maupun minumannya berhasil mengeksplorasi potensi alam lokal dan memiliki tujuan komersial. Kriteria utama penilaian UKM Pangan Award terhadap suatu produk meliputi empat aspek, yakni menggunakan baku yang sebagian besar lokal dan diproduksi dengan kearifan lokal, diproduksi untuk melestarikan budaya lokal, diproduksi dengan melibatkan komunitas atau masyarakat setempat, serta kejelasan informasi label pangan pada brosur maupun iklan produk. Selain itu, produk juga harus telah terlebih dahulu dipasarkan sebelum diikutsertakan dalam UKM Pangan Award.

Penilaian tersebut dibagi ke dalam dua kategori, yaitu Kategori Usaha Kecil dan Kategori Usaha Menengah. Juara dalam setiap kategori akan mendapat penghargaan berupa trofi, sertifikat dan dana pembinaan dari Bank BRI untuk pengembangan UKM terkait.

Pemerintah berharap UKM Pangan Award dapat mendorong UKM pangan untuk masuk ke pasar ritel modern. Agar penetrasi ke pasar ritel modern dapat direalisasikan, UKM pangan perlu mengembangkan kreativitasnya dalam mengelola produk yang tetap berdasarkan pada tradisi dan budaya Indonesia, selain juga terus menjaga mutu dan keamanan produk serta profesionalisme produksinya.

Pada 2016 beberapa ritel turut serta memberikan penilaian dari sisi komersial produk pangan, di antaranya PT Trans Retail Indonesia, Lion Super Indo, Hypermart, Ranch Market, Lotte Mart, Alfamidi dan Indomaret. Diharapkan juga agar produk UKM yang terpillih dapat semakin dikenal di masyarakat dan menjadi ikon daerah yang memproduksinya. 

Berita Terkait


Awali Pagi Dengan Yoga Bersama PARARA »

Festival PARARA hari kedua, Jum'at (14/10) diawali dengan yoga bersama komunitas yoga Taman Suropati.

Upaya Pemerintah Dukung Hak Cipta UMKM »

Kementerian Koperasi dan UKM telah memfasilitasi sebanyak 2.

Kilas Balik: PARARA Perdana di 2015 »

Festival Panen Raya Nusantara (PARARA) untuk pertama kalinya diadakan pada 2015 lalu.