Berita

PM Toh Mendongeng Tentang Air


Pendongeng asal Aceh PM Toh turut hadir  menghibur anak-anak dan pengunjung Festival Panen Raya (PARARA) 2017, Sabtu (14/10) sore. Ia bercerita tentang tumbuhan dengan menggunakan berbagai atribut dongeng yang unik. Sebuah styrofoam berbentuk pohon menjadi arena utama cerita PM Toh. 

PM Toh mengilustrasikan daun seperti ikan, kemudian pohon yang menyimpan cadangan air. Lalu PM Toh menggambarkan air naik dari akar hingga pucuk daun dengan dendangnya yang khas membuat penonton terkesima.

Cerita dilanjutkan dengan ilustrasi daun yang terpapar sinar ultra violet, kemudian cara kerja daun lalu cerita tentang miliar sel. Penonton dan anak-anak yang memadati panggung antusias dan tak jarang tersenyum hingga tertawa. "Daun adalah "dapur" suatu tumbuhan. Makanan yg dihasilkan daun disebar ke seluruh bagian daun," cerita PM Toh sambil berdendang. 

"Tanaman berguna untuk dikonsumsi makhluk hidup, juga sumber oksigen. Tak hanya itu, makhluk hidup yang di dalam tumbuhan juga menggantungkan hidupnya pada tumbuhan. Cacing hidup dalam tanah. Saya heran kenapa di Jakarta banyak tanah yang disemen. Bagaimana air bisa masuk kalau disemen semua," tutup PM Toh.

Berita Terkait


Madu Dari Lebah Rinjani »

Kelompok Tani Sari Madu, desa Mumbul Sari, Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara, dengan hasil panen berupa madu, terbentuk tanggal 10 Juli 2006 silam.

SIARAN PERS: Kewirausahaan, Pasar Budaya dan Kebijakan Produk Lokal »

Jakarta, 15 Oktober – Berdasarkan data yang dihimpun pada 2016 Indonesia memiliki sekitar 59 juta Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM)  yang berkontribusi sebesar 61% terhadap perkekonomian.

Ngopi Sore PARARA: Anak Muda Melek Internet Bisa Ringankan Beban Petani »

Indonesia dapat menciptakan pasar sendiri untuk memasarkan berbagai produk lokal, baik produk-produk dari sektor pangan maupun hasil kerajinan dan fashion.