Berita

PM Toh Mendongeng Tentang Air


Pendongeng asal Aceh PM Toh turut hadir  menghibur anak-anak dan pengunjung Festival Panen Raya (PARARA) 2017, Sabtu (14/10) sore. Ia bercerita tentang tumbuhan dengan menggunakan berbagai atribut dongeng yang unik. Sebuah styrofoam berbentuk pohon menjadi arena utama cerita PM Toh. 

PM Toh mengilustrasikan daun seperti ikan, kemudian pohon yang menyimpan cadangan air. Lalu PM Toh menggambarkan air naik dari akar hingga pucuk daun dengan dendangnya yang khas membuat penonton terkesima.

Cerita dilanjutkan dengan ilustrasi daun yang terpapar sinar ultra violet, kemudian cara kerja daun lalu cerita tentang miliar sel. Penonton dan anak-anak yang memadati panggung antusias dan tak jarang tersenyum hingga tertawa. "Daun adalah "dapur" suatu tumbuhan. Makanan yg dihasilkan daun disebar ke seluruh bagian daun," cerita PM Toh sambil berdendang. 

"Tanaman berguna untuk dikonsumsi makhluk hidup, juga sumber oksigen. Tak hanya itu, makhluk hidup yang di dalam tumbuhan juga menggantungkan hidupnya pada tumbuhan. Cacing hidup dalam tanah. Saya heran kenapa di Jakarta banyak tanah yang disemen. Bagaimana air bisa masuk kalau disemen semua," tutup PM Toh.

Berita Terkait


PARARA 2017 Hadirkan Keriaan dan Keakraban di Malam Pembukaan »


Festival Penen Raya Nusantara (PARARA) 2017 bukan sekedar acara yang mengumpulkan keramaian.

Ulap Doyo Tenun Khas Dayak Benuaq »

Salah satu komunitas yang akan bergabung di Festival PARARA 2017 adalah Tilita, dari suku Dayak Benuaq.

Awali Pagi Dengan Yoga Bersama PARARA »

Festival PARARA hari kedua, Jum'at (14/10) diawali dengan yoga bersama komunitas yoga Taman Suropati.