Festival

Festival Panen Raya Nusantara 2017



Festival Panen Raya Nusantara (PARARA) merupakan festival dua tahunan yang pertama kali diselenggarakan pada 2015. PARARA menampilkan produk-produk kewirausahaan dari berbagai komunitas dan masyarakat adat. Produk-produk tersebut merupakan hasil kolaborasi panjang antarwirausaha yang terdiri dari sejumlah komunitas dan pekerja kreatif yang dibangun selama fase prafestival.

Dikemas secara kreatif, PARARA bertujuan untuk memberikan informasi mendasar tentang arti penting produk-produk lokal buatan komunitas-komunitas lokal kepada para pengunjungnya. PARARA mengedepankan nilai perjuangan komunitas dalam menghasilkan produk dan menjaga alam tempat produk dihasilkan.

"Jaga Tradisi, Rawat Bumi" adalah tema yang diangkat tahun ini. Menjaga tradisi dan merawat Bumi merupakan bentuk kearifan leluhur bangsa Indonesia yang terbukti berhasil dalam mempertahankan kelestarian sumber daya alamnya. Leluhur bangsa Indonesia hanya mengambil sumber daya alam sesuai kebutuhan dan secara kolektif melakukan pengawasan akan kelestarian alam. PARARA mengajak masyarakat untuk kembali pada praktik leluhur Indonesia, yaitu menjaga tradisi dan merawat Bumi agar sumber daya alam tetap lestari.

PARARA 2017 bukan sekadar perayaan, namun juga terobosan bagi community enterprises (perusahaan berbasis masyarakat) yang berkelanjutan. Festival ini berusaha menjadi katalisator guna mendukung penjualan produk-produk lokal yang berkelanjutan dengan menggaet para pengambil keputusan serta konsumen. Isu kebijakan lintas sektoral yang mempengaruhi keberhasilan, atau bahkan kegagalan, inisiatif masyarakat di bidang ini akan dibahas selama festival berlangsung.

Melanjutkan kesuksesan penyelenggaraan sebelumnya, PARARA 2017 akan menjadi ruang bersama yang mempertemukan produsen, konsumen, serta para pelaku pendukung lainnya untuk berinteraksi dan berkolaborasi guna mempromosikan konsumsi dan pola produksi berkelanjutan di Indonesia.



Kontak Festival:
Telepon : +62 813 8222 0134 (Voni)
+62 813 1606 9987 (Salma)
email : kontak@panenrayanusantara.com