Tentang

PARARA: Panen Raya Nusantara



Festival Panen Raya Nusantara (PARARA) lahir dari inisiatif Festival SLIMs (Sustainable Livelihoods Initiative and Models) yang merupakan ide dan program dari NTFP-EP Indonesia. SLIMs kemudian mencoba memperluas kolaborasi dengan mengajak beberapa LSM nasional dan lokal untuk menyelenggarakan sebuah festival yang mempromosikan dan memberikan ruang bagi produk-produk komunitas yang adil dan lestari.

Pada akhirnya Festival SLIMs berubah menjadi Festival PARARA yang kita kenal sekarang. Pertama kali diselenggarakan pada tahun 2015, Festival PARARA adalah festival dua tahunan yang digagas dan dikemas oleh konsorsium PARARA.

PARARA menampilkan produk-produk kewirausahaan dari berbagai komunitas dan masyarakat adat. Produk-produk tersebut merupakan hasil kolaborasi panjang antarwirausaha yang terdiri dari sejumlah komunitas dan pekerja kreatif yang dibangun selama fase prafestival.

Dikemas secara kreatif, PARARA bertujuan untuk memberikan informasi mendasar tentang arti penting produk-produk lokal buatan komunitas-komunitas lokal kepada para pengunjungnya. PARARA mengedepankan nilai perjuangan komunitas dalam menghasilkan produk dan menjaga alam tempat produk dihasilkan.

KONSORSIUM LEMBAGA